P H
May 11, 2016 18:35:57
Katalis Positif Indofood CBP
Investor Daily memberitakan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membukukan kinerja keuangan kuartal I-2016 yang masih bagus dan sejalan dengan estimasi. Perseroan mencatatkan penjualan senilai Rp 8,9 triliun atau tumbuh 12% dibandingkan periode sama tahun lalu. Laba bersih tercatat Rp 944,8 miliar atau tumbuh 18,6%.

Analis KDB Daewoo Securities Indonesia Dang Maulida menilai, pertumbuhan kinerja Indofood CBP tersebut secara keseluruhan didukung oleh pemerintah yang telah menelurkan paket-paket kebijakan ekonomi dan penurunan suku bunga acuan (BI rate). “Pemerintah menurunkan harga BBM yang mendorong daya beli konsumen, sehingga menguntungkan Indofood CBP," jelas Dang dalam risetnya, kemarin.

Adapun dari penjualan kuartal I-2016, mi instan, susu, dan makanan ringan menjadi kontributor terbesar. Menurut Dang, produk mi instan yang berkontribusi 66% dan tumbuh 8,3% yoy didukung oleh peningkatan penjualan mi cup dan kenaikan harga pada awal tahun sebesar 5%.

Sementara itu, untuk produk dairy yang berkontribusi 19% mencatatkan pertumbuhan kuat yakni 30,8% yoy. Menurut manajemen Indofood CBP, sebut Dang, upaya menggenjot penjualan dengan memperkuat distribusi dan pemasaran sejak tahun lalu telah menunjukkan hasil.

Dang menambahkan, perseroan memiliki potensi baik ke depannya, karena memiliki inovasi yang progresif dan posisi yang dominan di sektornya, serta posisi neraca keuangan yang kuat. Ia merekomendasikan beli saham ICBP dengan target harga Rp 18.400 per saham. Pada perdagangan Senin (9/5), ICBP ditutup pada harga Rp 15.400 atau menguat 0,33%.

$ICBP $INDF

Bull
Handle
N/A
Handle