P H
May 13, 2016 09:20:17

Pertamina Segera Kuasai Saham PGAS

Harian Kontan memberitakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diam-diam sudah merampungkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang induk usaha (holding) perusahaan di sektor energi. Beleid ini bahkan akan segera diteken oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengaku belum bisa memastikan kapan RPP ini terbit. "Saat ini sudah sampai ke Sekretariat Negara," ungkap dia singkat kepada KONTAN, Rabu (11/5).

Yang pasti, dalam beleid tersebut, pemerintah akan memberi penambahan penyertaan modal pemerintah (PNM) ke Pertamina berupa pengalihan 13,8 miliar saham Seri B milik negara di PT Perusahaan Gas Negara Tbk, setara kepemilikan 56,96%. Dus, dengan kepemilikan saham segede itu, Pertamina kelak akan menjadi pemegang saham mayoritas di PGN.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso berharap, apapun bentuk PGN kelak tetap akan memberi hasil positif bagi semua pemangku kepentingan. Apalagi, kata Hendi, Kementerian BUMN, Pertamina dan PGN sudah menggelar rapat untuk membahas masalah ini, Rabu (11/5).

 

Bull
Handle
N/A
Handle