Sign up to SahamTalk to save a watchlist for easy access to your favorite stocks
Handle
N/A
Handle
 
P H
May 30,2016 07:59:42
*BERITA SAHAM 30 MEI 2016*

•Yellen beri sinyal The Fed naikkan suku bunga dalam hitungan bulan, Namun, kenaikan suku bunga acuan hanya bisa dilakukan jika ekonomi AS terus menunjukkan perbaikan. The Fed akan kembali melakukan pertemuan Federal Open Meeting Committee (FOMC) pada 14 hingga 15 Juni 2016 guna mendiskusikan kenaikan suku bunga. The Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 0,25 persen untuk pertama kalinya dalam 9 tahun pada Desember 2015 dan belum menaikkan lagi hingga kini. Pada Jumat (27/5/2016) lalu, Departemen Perdagangan AS merevisi proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada kuartal I 2016 mencapai 0,8 persen. Sebelumnya, PDB AS pada kuartal I 2016 diprediksi hanya 0,5 persen. Adapun angka pengangguran tercatat 5,5 persen pada bulan Mei 2016. Angka ini dipandang bagus oleh The Fed, meski Yellen menyatakan banyak pekerja paruh waktu yang masih mencari pekerjaan tetap. Pun The Fed juga ingin inflasi di AS berada pada posisi 2 persen.  (KOMPAS)

•Menteri Keuangan Bambang Permadi Brodjonegoro menjelaskan *penyebab mata uang rupiah yang terus melemah* selama sepekan ini adalah :
1.Rupiah terus melemah karena adanya spekulasi bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve yang akan menaikkan tingkat suku bunganya sekitar Juni atau Juli. (Ada kemungkinan naiknya dua kali dalam setahun ini)
2.Karena adanya perusahaan asing yang membayarkan dividen ke pemegang saham. *_Menkeu menegaskan, pelemahan rupiah ini tidak mengakibatkan para investor akan meninggalkan Indonesia untuk berinvestasi. Ia juga yakin setelah ada kepastian dari Federal Reserve tentang suku bunga rupiah akan berbalik menguat._* (KOMPAS)

•Arab Saudi nyatakan mampu produksi minyak 12,5 juta barel per hari, peningkatan produksi itu salah satunya adalah karena adanya perang harga untuk kembali memperoleh porsi pasar yang besar setelah tersisih oleh Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. (KOMPAS)

•Bank Dunia Hibah 22 Juta Dollar AS untuk *Pengelolaan Hutan Indonesia*. (KOMPAS)

•Bank Indonesia sedang mengkaji revisi batas atas dan bawah giro wajib minimum rasio pinjaman terhadap sumber dana (loan to funding ratio/LFR) untuk mendorong pertumbuhan kredit. (KOMPAS)

•*KIJA* : Kawasan Industri Kendal, anak usaha PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. menyatakan sebanyak delapan investor siap melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan pabrik di kawasan industri Kendal. (BISNIS INDONESIA)

•*SMGR* : Semen Indonesia Bangun Pabrik di Aceh dan Kupang. (WARTA EKONOMI)

•*SMBR (Semen Baturaja)* : Riset Pefindo 26 Mei 2016, Target Harga Terendah : 497, Target Harga Tertinggi : 518 SEE MORE : https://files.acrobat.com/a/preview/1cceb479-bd23-40c5-8787-008b37251d19

•Transaksi e-commerce di Asia Tenggara capai US$200 miliar pada 2026, Hasil penelitian Google Inc dan Temasek Holdings Pte menunjukkan bahwa nilai bisnis yang bersumber dari penggunaan internet termasuk belanja, game, dan iklan online di Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan bakal melonjak enam kali lipat menjadi US$ 200 miliar. Dari nilai tersebut, transaksi belanja online (e-commerce) di Asia Tenggara diproyeksikan mencapai US$ 88 miliar pada tahun 2025, atau meningkat 16 kali lipat. Dalam penelitiannya, Google dan Temasek menyebutkan bahwa pertumbuhan nilai bisnis berbasis internet tersebut didorong oleh kenaikan pengguna internet di kawasan Asia Tenggara. (WARTA EKONOMI)

•*RANC (PT Supra Boga Lestari Tbk)*
1.PT Supra Boga Lestari Tbk berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 16,3 persen atau menjadi Rp 1,92 triliun pada 2015.
(pencapaian tersebut  melampaui target yang ditetapkan sebesar 106,4 persen)
2.Pada akhir 2015, PT Supra Boga Lestari (RANC) telah mengoperasikan 26 toko, yaitu 11 Ranch Market dan 15 Farmers Market.
3.RANC memutuskan menjual seluruh kepemilikan saham RANC di PT Bahagia Niaga Lestari, yang merupakan entitas anak perusahaan yang menjalankan bisnis convenience store dengan nama Ministop, pada akhir 2015.
4.Dengan kembalinya RANC ke inti kompetensi bisnisnya, kinerja RANC akan meningkat signifikan.
5.Untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, pada Oktober 2015 RANC telah meluncurkan loyalty card dengan nama Trust Card.
6.Tahun ini, RANC telah memiliki tiga lokasi untuk pengembangan toko baru, yaitu dua Ranch Market di Jakarta Selatan dan satu Farmers Market di Cikupa, Tangerang. Rencananya, ketiga toko itu mulai beroperasi pada kuartal kedua dan keempat 2016.
7.Selain itu, pada kuartal ketiga, RANC akan meluncurkan _online shopping dengan nama Kesupermarket.com._ (TEMPO)

•*TLKM* : Telkom pertahankan prestasi di ajang Asia Pacific Stevie Awards, dengan berhasil mempertahankan  prestasi monumental dalam ajang Asia Pacific Stevie Awards  yang berlangsung di Sydney, belum lama ini. (INDOTELKO)

•*TOBA* : PT Toba Bara Sejahtra Tbk. tengah memproses ekspansi bisnis pembangkit listrik dengan kapasitas maksimal 200 megawatt. (TENDER INDONESIA)

•Pemerintah umumkan Lelang 15 BLok Migas, 15 blok itu terdiri dari 14 blok konvensional dan 1 blok nonkonvensional. Ada delapan tender reguler dan tujuh penawaran langsung (direct proposal). Adapun wilayah kerja (WK) konvensional yang ditawarkan dengan reguler tender adalah South CPP (berlokasi di Provinsi Riau), Blok Oti (Selat Makassar), Blok Suremana I (Selat Makassar), Blok Manakara Mamuju (Selat Makassar), Blok Mandar Tenggara (Selat Makassar), Blok Arguni Utara (Papua barat), Blok Kasuri II (Papua Barat). Sementara tender reguler untuk WK nonkonvensional adalah Blok Batu Ampar (Kalimantan Timur). Selanjutnya WK konvensional dengan penawaran langsung adalah Blok Bukit Barat (berlokasi di Laut Natuna, Kepulauan Riau), Batu Gajah Dua (Jambi), Kasongan Sampit (Kalimantan Selatan), Blok Ampuh (Jawa Timur), Blok Ebuny (Sulawesi Tenggara), Blok Onin (Papua Barat) dan Blok Kaimana Barat (Papua Barat).
Untuk tender dengan cara penawaran langsung ("direct proposal"), akses dokumen penawaran dibuka dari 15 Juni--5 Agustus 2016, forum klarifikasi dari tanggal 20 Juni-5 Agustus 2016 dan batas akhir penyerahan penawaran pada 8 Agustus 2016.
Sementara untuk tender reguler, akses dokumen penawaran dibuka dari 15 Juni--19 Oktober 2016, forum klarifikasi dari tanggal 20 Juni-19 Oktober 2016 dan batas akhir penyerahan penawaran pada 20 Oktober 2016. (WARTA EKONOMI)

•Badan PengeIoIa Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengembangkan inovasi terbaru yaitu Layanan Elektronik Pembayaran Pungutan Dana Sawit. Layanan ini melibatkan  Sucofindo dan tiga bank plat merah: Bank Mandiri, BRI dan BNI. (SAWIT INDONESIA)

$KIJA $SMGR $SMBR $RANC $TLKM $TOBA


hide